Konsultan Restoran Medan Konsultan resto memiliki kiat-kiat sukses yang mampu mempertahankan pelanggan restoran agar mau terus bertandang ke restoran. Mereka tidak hanya mempelajari seluruh aspek seputar bisnis restoran, tapi turut mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kebutuhan pelanggan. Akibatnya, restoran tidak akan pernah sepi dari pengunjung.

Sama seperti penyedia jasa dan layanan lainnya, usaha restoran yang berkembang di Indonesia bukan hanya satu atau dua. Jumlah restoran di tiap kota di tanah air sangat banyak. Makin banyak orang yang menyediakan restoran maka makin berkurang pula jumlah pelanggan yang akan datang. Tapi dengan menggunakan jasa konsultan semua kekhawatiran tersebut bisa diatasi.

Konsultan Restoran Medan

Tips Menjaga Pelanggan Menurut Konsultan Restoran Medan

Supaya bisnis tetap aman karena pelanggan setia selalu mampir dan menikmati pelayanan serta hidangan di restoran kita, aplikasikan beberapa tips berikut ini:

  1. Berusaha untuk kenal dengan pelanggan

Agar pelanggan biasa berkenan menjadi pelanggan setia di restoran kita, cobalah untuk berusaha mengenal pelanggan secara personal. Diawali dengan menanyakan nama mereka lalu sesekali mengajak mereka bicara bahkan bila beruntung kita bisa mengetahui apa yang mereka sukai.

Beberapa pelanggan mungkin merasa tidak berkenan atau terganggu, terutama mereka yang introvert. Jadi, ketika merasakan ada tanggapan yang kurang positif maka jangan memaksa. Berbeda bila halnya pelanggan mau diajak mengobrol, maka cobalah untuk menjadi pendengar yang baik.

  1. Menjaga time cooking

Jasa konsultan restoran Medan online selalu mengajarkan pentingnya menjaga time cooking. Setelah pesanan makanan datang ke meja dapur, usahakan untuk mengolah berbagai makanan pesanan dengan cepat dan efisien tanpa mengurangi kualitas makanan. Karena terkadang, ada pelanggan yang tidak betah menunggu terlalu lama bahkan terkadang masih marah meskipun makanan sudah disajikan.

Yang perlu kita tingkatkan lagi adalah efisiensi dalam memasak dan menyajikan makanan, usahakan agar tidak terlalu lama. Dan bila pelanggan yang datang sangat banyak, kerjakan pesanan pelanggan yang datang duluan. Jangan sampai pelanggan marah karena merasa dilayani terakhir.

  1. Menjaga kualitas produk

Konsultan restoran Medan murah tidak pernah lelah mengingatkan agar menjaga kualitas produk dengan baik. Karena selama ini banyak pelanggan yang tidak berkenan untuk datang kembali ke restoran karena konsistensi makanan yang buruk. Agar hal ini tidak terjadi berulang kali, lakukan komunikasi dengan baik bersama tim dapur.

Hampir semua pelanggan yang datang ke restoran ingin mendapatkan pelayanan prima termasuk kualitas makanannya. Mereka cukup sensitif dan bisa membedakan kualitas rasa makanan, saat pertama kali mengunjungi dengan kunjungan kedua dan kunjungan selanjutnya.

Hal paling buruk yang mungkin saja terjadi adalah komplain negatif yang dilayangkan pada pelanggan terhadap tim produksi. Maka dari itu, jaga selalu konsistensi dari kualtias produk sehingga tidak akan mempengaruhi penilaian dari para konsumen.

  1. Suasana dan atmosfer restoran

Detail lain yang tidak kalah diperhatikan oleh konsultan restoran Medan terjangkau adalah atmosfer dan suasana restoran. Agar pelanggan tetap setia mengunjungi restoran kita, maka usahakan agar suasana dan atmosfer yang tersaji di restoran tetap nyaman dan aman.

Jangan sampai karena terlalu fokus memperhatikan detail furniture dan layout restoran, kita jadi lupa meminta pelayan untuk membersihkan restoran dengan baik. Akibatnya, para pelanggan menjadi tidak betah karena meja atau kursi yang kotor.

  1. Menjaga loyalitas karyawan

Selain karena suka dengan makanan, beberapa pelanggan sengaja mengunjungi restoran kita karena mengenal dengan baik koki atau pelayan restoran. Agar pelanggan tetap tidak merasa kecewa, usahakan agar tidak selalu melakukan perputaran karyawan. Kita bisa mempertahankan beberapa karyawan yang memiliki etos kerja bagus dan mampu memberikan kontribusi yang baik terhadap restoran.

Jika karyawan memang bekerja dari hati karena memiliki passion di bidang ini, mereka akan bekerja dengan baik menyesuaikan dengan visi dan misi restoran. Dan tidak ada salahnya untuk memberikan penghargaan pada beberapa karyawan yang berkompeten sehingga mereka bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

  1. Sesekali memberikan diskon atau promosi spesial

Manfaatkan konsultasi yang diberikan oleh konsultan restoran Medan terpercaya termasuk nasihatnya untuk sesekali memberikan diskon terhadap pelanggan. Penawaran spesial atau diskon yang kita berikan terhadap pelanggan merupakan hal yang paling disukai oleh mereka.

Dan saat pelanggan merasa senang, tidak ada keraguan bagi mereka untuk kembali lagi ke restoran. Ada banyak promo menarik yang bisa diadakan seperti penawaran diskon atau buy 3 get 1 bahkan promo minuman gratis dengan jumlah pembelian tertentu.

Promo dan diskon yang diberikan bukan sekali atau dua kali tapi secara rutin tiap minggunya. Sehingga pelanggan akan rutin datang ke restoran karena tertarik dengan promo menarik tersebut.

  1. Memiliki pelayan yang handal

Konsultan restoran Medan terbaik bertanggung jawab penuh terhadap pengelolaan restoran termasuk merekrut karyawan. Merekrut karyawan bukan hanya dilihat berdasarkan pada pengalaman kerja atau kompetensi yang dimilikinya. Sekarang ini, ada penilaian lain yang ikuti dimasukkan saat restoran merekrut karyawan baru terutama yang akan dijadikan pelayanan yaitu attitude.

Pelayan yang baik akan mampu melayani konsumen dengan baik sehingga disukai oleh para pelanggan. Berbanding terbalik jika pelayan memiliki attitude yang buruk atau bahkan tidak sopan dan ramah maka otomatis pelanggan akan merasa tidak nyaman saat dilayani. Ini menjadi tugas yang sangat penting dan berat bagi restoran dalam memilih karyawan.

Tapi bila ingin pelanggan restoran semakin mengingat setiap harinya, maka kita harus meningkatkan pula etos kerja dan memperhatikan dengan baik perilaku karyawan saat bekerja.

  1. Manfaatkan media sosial

Konsultan restoran Medan terpercaya turut menyadarkan kita tentang pentingnya menggunakan media sosial sebagai media promosi. Kita bisa mempromosikan makanan baru atau bahkan diskon pada pelanggan. Dengan cara ini, diharapkan pelanggan yang sudah pernah datang akan berkenan untuk datang lagi di kemudian hari.

Itulah beberapa cara mempertahankan dan menjaga pelanggan agar selalu datang ke restoran. Sebagai pemilik restoran, tidak ada salahnya jika kita mengikuti cara yang diajarkan konsultan tersebut. Mengingat pengetahuan mereka tentang manajemen dan pengelolaan restoran jauh lebih banyak daripada basis pengetahuan yang kita miliki.

Sewa Konsultan Resto Terbaik di Indonesia

Mengapa sangat penting memakai konsultan resto dan café bagi bisnis kuliner Anda? Hal ini karena tidak semua orang tahu cara terbaik dalam mengelola dan memajukan bisnis. Mereka yang terpaksa gulung tikar tidak tahu solusi membuat usaha laris manis.

Itulah sebabnya Anda memerlukan konsultan restoran Medan untuk membantu Anda dalam usaha café. MejaCafe.id merupakan salah satu konsultan resto Medan yang siap membantu Anda khususnya bagi mereka yang baru pertama kali buka resto atau café serta mengelolanya. Hubungi kami sekarang juga jika ingin bertanya atau konsultasi dengan mengontak nomer yang sudah disediakan. Kami bisa melakukan konsultasi online juga dengan Anda yang berada di Medan.