Usaha kuliner dimasa pendemi sepi? – Siapa bilang?

Yang bilang usaha kuliner di masa pendemi sepi, memang ada benarnya. Banyak outlet-outlet kuliner yang omsetnya terjun bebas bahkan sampai harus tutup. Apalagi outlet-outlet kuliner yang buka gerainya di Mall, karena management Mall harus menutup sementara Mall nya karena instruksi dari pemerintah.

Apakah semua usaha kuliner sepi? ternyata nggak lho, bahkan banyak yang malah omsetnya naik sampe 300%, salah satunya yang menjual produk frozen food, lihat saja grafikya di google trend berikut.

trend frozen food bulan april Selain kendala Imbauan pemerintah untuk Lockdown, saat ini orang-orang lagi senang menjalani hobi barunya yaitu memasak. Hal ini memang menjadi faktor menurunnya penjualan di outlet-outlet kuliner, tapi bukan berarti bisnis kuliner sepi lho…

Coba kita cek, kenapa kok orang-orang pada hobi masak sendiri dirumah?

  1. Dengan masak sendiri mereka merasa lebih aman, walaupun seminggu kemudian isi kulkasnya pada basi karena belanja kebanyakan.
  2. Dari pada rebahan melulu, mereka coba-coba masak, siapa tahu bisa dijual, kan mumpung juga sedang di rumahkan.
  3. WFH itu artinya sepanjang hari dirumah, ya kerja meeting paling 2-3 jam selebihnya mau ngapain? ya nyoba-nyoba memasak jadi pilhan.
  4. Mau makan di resto favorit, ya ga bisa kan sedang tutup karena imbauan pemerintah.
  5. Ingin hidup lebih sehat, sehingga gaya hidupnya berubah. Dulu beli makanan apa aja di beli tanpa pilah-pilah, sekarang pengen sehat, jadi ga dulu deh beli yang mecin-mecin atau yang manis-manis.

ternyata hal-hal inilah yang membuat orderan bisnis kuliner outlet menurun, tapi ada lho yang bisnis kulinernya tetap banjir orderrrrr. Kok bisa? ya bisa lah, mereka beradaptasi pada pain (kesakitan) yang dirasakan orang-orang zaman pendemi ini. Apa saja adaptasi yang dilakukan? klik disini untuk melanjutkan

  1. Mengkampanyekan kesehatan, terutama dimasa pendemi ini. Semua atribut kesehatan yaitu memakai masker, karywaran di heat control setiap masuk, standard mencuci tangan sebelum bekerja, memakai handsanitizer, lengkap dengan atribut safetynya.
  2. Melakukan promo makan rame-rame lebih ekonomis, bikin paketan ber-3 atau ber-5. pokoknya buat penawaran-penawaran yang gak bisa di tolak.
  3. Mendominasi lokal area. Banyak bisnis kuliner yang tutup, dia malah getol mempromosikan areanya. Misalnya #ayamgeprekklapagading ngincer jalan lokal maupun penduduk sekita. Diblast ke semua channel, lewat IG FB Google maps, bakan WA blast.
  4. Open kitchen, tapi ini bukan open kitchen biasa lagi, tapi betul-betul di open semua proses di video, crue nya, peralatannya, ruangannya, standard kerjanya, bahan bakunya. semua di video dan di broadcast ke pelanggan, bahkan yang lebih extreme pakai CCTV sehingga orang bisa lihat langsung secara live meningkatkan trust dimata customer. Makanya mulai skarang wajib pakai peralatan yang menunjukkan nilai higienitas seperti meja stainles. Tapi meja stainless lumayan harganya bisa di atas 3jt an. kalo mau meja yang murah bisa setengah harga klik disni, heheh ikut promosi gpp yah.
  5. Melakukan empathy branding, menggunakan rasa empati untuk promosi seperti : 25% keuntungan disumbangkan ke tim medis, atau seluruh omset hari jumat di sedekahkan, atau setiap pembelian gratis 1 porsi untuk abang ojol.
  6. Mendukung kampanye #dirumahsaja bisa masak sendiri di rumah, bisa stock di kulkas dengan menyediakan produk makanan frozen ready to heat atau ready to coock.
  7. Membuat kit-kit yang bisa di pakai saat menyantap makanan di rumah supaya tetap bisa narsis foto. misalnya celemek kertas, atribut ultah.
  8. Memaksimalkan promosi lewat sosial media, FB, IG bahkan tik tok yang dilakukan secara serius. Menerapkan promosi internal yaitu yang dijadikan kontent adalah karyawan sendiri atau suasana didalam dapur.
  9. Membuka program reseller. Banyak sekarang yang buka program reseller dan masing-masing reseller mempromosikan lagi produk brand tersebut, hal ini akan menaikkan awareness brand kuliner tersebut.

dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh pemain kuliner terutama yang membuka layanan di gofood grabfood yang bisa di eksplore agar bisnis kuliner kita melesat di kondisi pendemi seperti saat ini.

Ingin berbisnis kuliner online dengan channel gofood grabfood saat ini?  silahkan hubungi kami untuk berkonsultasi.

Salam.